Xavi Hernandez Benarkah Melatih Messi dkk

Xavi Hernandez saar di wawancara

Xavi Hernandez diminta berandai-andai jika dia mendapatkan kesempatan melatih tim yang bermaterikan Lionel Messi dkk.

Pernyataan itu di lontarkan Diaro Ara dalam sesi wawancara dengan Xavi pada Minggu (22/9/2019).

Menurut Xavi, jika dia memiliki pemain-pemain profesional seperti Messi atau Sergio Busquets yang kini di Barcelona, maka tentu saja akan memudahkah pekerjaannya sebagai pelatih. “Itu tidak akan merepotkan dan saya tahu mereka,” kata Xavi.

“Saya juga tahu bagaimana cara mereka berlatih, kapasitas mereka tentang kepemimpinan, bagaimana ketika merasa sedih atau marah. Sebagai seorang pelatih, saya berharap memiliki tiga, lima, delapan, atau 10 pemain yang saya kenal dengan baik.”

Lebih lanjut, Xavi juga tahu cara memperlakukan mega bintang sekelas Messi. Karena Messi adalah pemain serbabisa yang diberkati kemampuan istimewa.

Baca juga: Mouringo, MU Berada di Posisi Keempat atau Keenam

“Dia seorang pemain yang jika diyakinkan, dia bisa menjadi bek terbaik. Dia punya kecepatan fisik dan mental. Dia punya segalanya,” ucap Xavi.

Xavi Hernandez: Barcelona Dalam Keadaan Kurang Baik

Saat ini, Barcelona sedang dalam keadaan kurang baik lantaran hasil yang diraih tidak sesuai perkiraan di liga domestik.

Pada Sabtu (22/9/2019) kemaren, tim asuhan pelatih Valverde menelan kekalahan 0-2 saat berlaga dengan klub promosi Granada.

Ia pun memberikan penilaian tersendiri soal terpuruknya Barcelona yang kini berada di urutan ke-8 klasemen dengan meraih 7 poin dari 5 laga.

“Permasalahannya ada di lini tengah. Jika tidak ada yang mampu bertahan dengan baik dan lawan menyerang, tim akan menderita serangan balik dari lawan.”

Kini Xavi telah resmi menjalani peran barunya sebagai seorang pelatih di klub Qatar, Al Sadd. Baginya, Semua ini adalah ujian perdana sebelum menuju level yang lebih tinggi.

Pria berusia 39 tahun itu kemudian mendapatkan pertanyaan terkait kemungkinannya kembali ke Barcelona sebagai pelatih pada suatu saat nanti.

“saya tak tahu apakah itu akan menjadi jembatan ke Barca.” Ujar Xavi sebagai pelatih Al Sadd usai pensiun pada Mei 2019 lalu.

“Hal yang saya pikrkan saat ini adalah bagaimana bisa bekerja baik di sini dan membawa tim asuhan saya memenangi gela,” ucap dia.

Xavi sendiri banyak memenangi gelar juara bergengsi saat menjadi pemain di tim Barcelona, termasuk 8 gelar Liga Spanyol dan 4 Liga Champions.